Hasta Brata; Delapan Watak Alam!


Ada sebuah kisah; di suatu negeri hiduplah seorang pemimpin tangguh dan pengikutnya yang berjumlah ratusan. Mereka amatlah kuat dan sangat ditakuti. Tak satupun peperangan yang mereka lakoni berakhir dengan kekalahan.

Suatu ketika ada bangsa besar berjumlah ribuan dari negeri seberang datang dengan tujuan untuk mengalahkan mereka. Oleh sebab jumlah pasukan yang tidak berimbang inilah, maka mereka terdesak sampai ke tepi jurang. Pemimpin yang tangguh itupun berbicara kepada pasukannya yang hanya berjumlah ratusan tersebut. “wahai pasukanku, ini hari kita berada di ujung kekalahan. Hanya ada dua pilihan, mati atau menang. Jikalau kujatuhkan koin keramatku ini ke tanah dengan gambar kepala berada diatas maka kita semua pasti mati. Namun jika gambar pedang berada diatas kemenangan berpihak kepada kita”

Kemudian pemimpin tangguh itu melempar koinnya. Dan ternyata, gambar pedanglah yang berada diatas. “wahai pasukanku, saksikanlah dengan mata kepala kalian bahwa ini hari dewa-dewa mentakdirkan kemenangan bagi kita”. Perkataannya disambut dengan sorak-sorai para pasukannya. Seolah kesurupan, pasukan yang berjumlah ratusan itupun mengamuk selaksa srigala kelaparan sehingga mempu mengalahkan pasukan dari negeri seberang berjumlah ribuan.

Kisah belum selesai. Tahukah dikau sahabat, ternyata koin milik pemimpin tangguh itu yang dikata sebagai benda keramat hanya sebuah mainan usang masa kecilnya, yang kedua sisinya bergambar pedang!

Kisah diatas merupakan sepenggal kisah sarat dengan pelajaran. Dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa : Jaya atau tidaknya sebuah bangsa; makmur atau sengsaranya sebuah negeri; kuat ataukah lemahnya suatu negara, itu semua sangat tergantung dari kualitas pemimpinnya.

Dalam falsafah jawa disebut hasta brata, seorang pemimpin yang baik adalah bersifat

Surya (Matahari) memancarkan sinar terang sebagai sumber kehidupan. Pemimpin hendaknya mampu menumbuhkembangkan daya hidup rakyatnya untuk membangun bangsa dan negaranya.

Candra (Bulan) , yang memancarkan sinar ditengah kegelapan malam. Seorang pemimpin hendaknya mampu memberi semangat kepada rakyatnya ditengah suasana suka ataupun duka.

Kartika (Bintang), memancarkan sinar kemilauan, berada ditempat tinggi hingga dapat dijadikan pedoman arah, sehingga seorang pemimpin hendaknya menjadi teladan bagi untuk berbuat kebaikan.

Angkasa (Langit), luas tak terbatas, hingga mampu menampung apa saja yang datang padanya.Prinsip seorang pemimpin hendaknya mempunyai ketulusan batin dan kemampuan mengendalikan diri dalam menampungpendapat rakyatnya yang bermacam-macam.

Maruta (Angin), selalu ada dimana-mana tanpa membedakan tempat serta selalu mengisi semua ruang yang kosong. Seorang pemimpin hendaknya selalu dekat dengan rakyat, tanpa membedakan derajat da martabatnya.

Samudra (Laut/air), betapapun luasnya, permukaannya selalu datar dan bersifat sejuk menyegarkan. Pemimpin hendaknya bersifat kasih sayang terhadap rakyatnya.

Dahana (Api), mempunyai kemampuan membakar semua yang bersentuhan dengannya. Seorang pemimpin hendaknya berwibawa dan berani menegakkan kebenaran secara tegas tanpa pandang bulu.

Bhumi (bumi/tanah), bersifat kuat dan murah hati. Selalu memberi hasil kepada yang merawatnya. Pemimpin hendaknya bermurah hati (melayani) pada rakyatnya untuk tidak mengecewakan kepercayaan rakyatnya.

Semoga di Indonesia muncul sosok pemimpin seperti diatas sesuai harapan kita bersama; mampu mengembalikan kejayaan Indonesia manjadi mercusuar dunia. Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: