Tips Membeli Durian


Duriann,,,saya kira semua orang sudah kenal dengan buah yang satu ini. Rasanya memang lezat sekali, ditambah bau  harumnya sangat menggugah selera.

Buah ini salah satu paling disukai di Indonesia. Buktinya ketika musim durian tiba dimanapun ada yang jual, disana akan diserbu pembeli. Saya inilah contoh pembeli pemburu durian bahkan sampai ke kebun-kebunnya. Yap….. di daerah  pegunungan sana! Tunggu buah durian jatuh dari pohonnya. Inilah menurut saya buah durian yang kualitasnya paling baik.

Padahal saat kecil dulu, saya begitu muak sekali dengan yang namanya durian. Baunya bikin saya muntah ketika bapak menyuapi. Namun sekarang ini, justru sebaliknya: ketagihan dan  ketagihan.🙂🙂🙂

Berikut ini sodara-sodara saya kasih tips memilih durian agar kamu-kamu tidak tertipu oleh segala trik penjual. ingat ya….Tidak semua penjual berlaku “tidak jujur”, hanya saja kita sebagai pembeli perlu hati-hati dalam membeli barang begitu juga dalam membeli durian! soalnya saya sendiri pernah tertipu mentah-mentah…. benar-benar-benar pahit sekali rasanya! Bukan duriannya yang saya rasa pahit ( meskipun ketika dibelah dalamnya “busuk” namun baunya wangi), tetapi trik penjual itulah yang membuat hatiku “kepahitan”.  Dan belakangan ku ketahui akal bulusnya.

Pertama-tama yang harus kamu perhatikan adalah kulitnya. Pastikan kulit durian berwarna kuning kecoklatan. Hati-hati dengan durian yang warna kulitnya hijau. Ketika dibelah buahnya putih namun manis rasanya. Biasanya sudah disuntik zat pemanis. hati-hati……!!

Kedua adalah baunya. Tidak cukup kamu hanya mencium bau durian dari kulit luarnya saja. Jangan ragu-ragu untuk meminta penjual membelah kulitnya, kemudian icipi dan rasakan betapa lezat buahnya. Karena biasanya penjual “yang tidak jujur” menyirami kulit durian yang belum matang dengan air rendaman buah durian matang, jadi baunya menyerbak seperti buah telah masak.

Ketiga adalah beli langsung ke kebunnya! Tunggu sampai durian jatuh dari pohonnya. Sebab durian yang dijual disekitar jalan raya perlu diteliti dengan saksama menggunakan  kedua kriteria diatas. Jika tidak memenuhi jangan sekali-kali beli, meskipun dengan tawaran harga yang amat murah. yang ketiga ini nampaknya hanya akan dilakukan penggemar durian sejati, apalagi kalau tempat tinggal sodara jauh dari lokasi perkebunan! Tapi bukan soal….rasa capek sodara akan tergantikan oleh manizzzz buahnya!

Selamat mencoba!

Mungkin cukup ini dulu yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: