Be a Spartan !


“300 spartan” bagi saya merupakan salah satu film yang sangat menginspirasi. Walaupun mungkin agak telat bahkan bisa dikatakan sangat telat, sebab saya baru nonton film ini pada hari sabtu 11 februari 2012 kemarin di TRANS TV. Padahal film ini telah dirilis ketika saya masih usia SMA. Huh ! Tapi tak apalah, saya kira tiada telat bagi saya untuk belajar mengambil maknanya; belajar dari pesan yang disampaikan untuk dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. sebab belajar itu tiada pernah dikatakan telat sama sekali.

 Bagi saya yang paling menarik adalah bahwa film ini diangkat dari cerita nyata. Dinarasikan seorang anak laki-laki raja sparta pada waktu yang telah ditentukan Ia harus diusir pergi dari lingkungan kerajaan meninggalkan kedua orang tuanya tanpa bekal apapun. Inilah yang paling menyedihkan bagi para wanita sparta. Berpisah dengan anak terkasih. Seorang anak yang kira-kira berumur 10 tahun diusir bukan karena melakukan kesalahan atau apa, melainkan supaya dia merasakan kerasnya pendidikan alam luar. Sebab Ia dipersiapkan menjadi “the king of sparta”

Setelah beberapa tahun anak tersebut akhirnya akan kembali sebagai “spartan” kemudian didaulat menjadi  raja tunggal orang-orang sparta atau bahkan Ia tiada kembali sama sekali (mati). Ia dipesan supaya jangan kembali sebelum berumur “sekian tahun”. Dunia luar yang kejam dibiarkan menempanya dimaksudkan untuk membangkitkan naluri  membunuhnya. Seorang anak manusia dilatih supaya tidak takut pada apapun dan pada situasi apapun! Apabila Ia masih hidup nanti Ia berhak atas dirinya untuk menjadi pemimpin ” prajurit Spartan”. Jaman dulu, orang-orang sparta dikenal punya kekuatan militer yang amat kuat dan tiada tandingannya. Ternyata beginilah cara mereka mendidik prajurit-prajurit (spartan soldiers).

Seorang anak laki-laki sparta dilepas ke tengah hutan hanya diajari untuk membunuh, membunuh dan membunuh! Sebab itu fisiknya terbentuk maksimal serta berkembang sangat hebat, tangan dan kakinya seluruhnya sangat kuat. Ia pun tak jarang bertarung dengan binatang buas yang siap memangsa dirinya kapanpun. Dalam keadaan terjepit sekalipun bahkan nyawa telah berada diujung tanduk Ia dilatih agar hanya bergatung pada dirinya sendiri. Ia didik bertarung tanpa bala bantuan orang lain. Itulah anak laki-laki sparta! Ia besar, hidup menjadi “spartan” ataukah mati.

Cerita sekilas diatas kurang lebih memberi saya pengetahuan tentang  nilai-nilai yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Pertama adalah berani! Pemimpin haruslah berani menghadapi bahaya apapun yang mengintai rakyatnya. Ia harus bisa mengayomi dan menjadi pelingdung bagi rakyatnya. Kedua, pemimpin juga dipersiapkan. Pemimpin bukan dilahirkan atau bakat alam. Pemimpin adalah hasil didikan. Dan pendidikan paling baik adalah tempaan alam liar. Diakhir cerita film tersebut Leonidas (seorang anak laki-laki yang berhasil menjadi raja spartan) mati bersama rakyatnya dalam perang melawan ribuan pasukan persia. Walaupun Ia pergi berperang hanya dengan 300 prajurit-prajuritnya namun tiadalah mereka itu gentar samasekali. Seorang pemimpin tidak boleh ciut sekalipun nyawa jadi taruhannya. Lebih baik mati di medan perang bersama rakyatnya ketimbang mati direnggut usia. Ketiga, pemimpin haruslah mandiri. Ia tidak boleh bargantung pada orang lain, namun orang lainlah yang harusnya bergantung kepadanya. Ia akan memberikan jalan ketika rakyatnya kebingungan menentukan arah.

Sebagai seorang laki-laki, ya….. bagi kita semua bangsa laki-laki. Belum layaklah kita disebut laki-laki jikalau belum mampu menghidupkan jiwa spartan dalam diri kita! Be a spartan…!!

WE ARE SPARTAN ! NEVER RETREAT ! NEVER SURRENDER !

DIE IN BATTLE FIELD IS OUR GREATEST GLORY !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: