Jika Aku Menyayangimu, Apa Kamu Perlu Tau?


Kasih sayang bisa muncul dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja. Seberapa-pun besar usahamu untuk menghilangkannya hanya agar kamu tetap berdiri pada keteguhan prinsipmu yakinlah usahamu akan sia-sia. Sudah menjadi kodrat seorang manusia Ia punyai rasa kasih dan sayang dalam dirinya. Sekalipun semua orang beranggapan Hitler manusia paling kejam dijamannya, namun saya yakin masih tersimpan kasih sayang dalam hatinya. Boleh jadi tidak tertampakkan. Atau memang sengaja  tidak ditampakkan.

Penciptaan alam semesta beserta isinya sudah barang tentu terdapat kasih sayang Tuhan didalamnya. Sekilas memang tidak nampak. Namun jikalau kita pikir sesungguhnya jumlahnya luar biasa besar bahkan tak dapat lagi dikalkulasi. Orang-orang Ateis tidak percaya akan hal itu. Biarlah mereka tetap hidup dalam kebodohan. Bukti sudah ada didepan mata. Betapa keharmonisan alam semesta tetap terjaga dari masa ke masa sehingga keberlangsungan hidup manusia terjamin. Inilah bukti tak terbantahkan bahwa ada peran Tuhan disana. Ini juga bukti Tuhan sangat sayang kepada kita semua. Pun demikian halnya dengan diciptakan-Nya segala keindahan yang melekat pada manusia juga merupakan wujud kasih sayang-Nya.

Keindahan manusia itu bukanlah terletak pada kesempurnaan bentuk fisiknya. Bukan pula karena parasnya. Bukan karena kegantengan dan kecantikannya. Sebab bentuk bentuk tubuh itu tiadalah satu manusia pun di dunia ini yang bisa memesannya. Artinya semua itu hanyalah ujian yang Tuhan berikan kepada makhluknya. Misalnya kita ingin punya wajah seperti ini, seperti itu, model begini, model begitu dan sebagainya. Tidak bisa. Manusia samasekali tidak punya kewenangan atas wilayah ini. Hanya Tuhan yang paling berkuasa. Antara satu orang dan orang yang lainnya punya bentuk rupa yang berbeda-beda. Selanjutnya, manusia dikatakan indah bagi saya juga bukan karena besar harta dan kekuasaan yang dimilikinya. Bukan pula karena kepintaran dan kedudukannya. Akan tetapi, masih menurut saya, keindahan manusia justeru terletak pada kasih sayangnya. Inilah keindahan sejati yang Tuhan ciptakan pada diri seorang manusia. Maka jangan sekali-kali kamu hilangkan keindahan itu. Cerita-cerita, puisi, ataupun tulisan yang berkisah tentang seorang Ibu entah kenapa terlihat begitu indah sekali. Pancaran kasih sayang seorang ibu itulah yang menjadikannya indah.

Dunia ini akan terasa indah apabila kita saling menyayangi. Kepada orang tua kita, kepada guru-guru kita, kepada sodara, teman, kolega, tetangga, atau kepada siapapun yang kita temui, kepada tanah air & bangsa, kepada para pemimpin kita, kepada istri atau suami kita, kepada anak-anak kita ataupun kepada alam sekitar kita; hewan-hewan dan pepohonan juga kita berikan kasih sayang kepada mereka. Betapa indah dunia ini jika kita berlaku demikian. Tentunya para syetan akan sangat iri kepada kita. Akan tetapi disini perlu diberi pembatas tegas agar tidak keliru memahami bahwa kasih sayang itu tidak harus selalu berbentuk cinta. Sebab cinta itu cenderung membutakan. Jika cinta menuntut supaya harus dibuktikan alias ditampakkan atau ditampak-tampakkan. sehingga kesannya pun “dipaksa” nampak. Namun kasih sayang itu tidak harus selalu ditampakkan! Apalagi sampai dirayakan! Kasih sayang punya tempat tersendiri. Ia berbeda dengan cinta dalam segala hal.

Lihatlah bagaimana cara Tuhan menyayangi kita, Tuhan berikan pada kita cobaan-cobaan, rintangan, dan ujian yang kalau mau jujur tidak jarang itu semua membuat kita kepayahan. Tapi justru itulah wujud sebesar-besarnya kasih sayang Tuhan terhadap kita semua. Tujuannya hanya agar kita menjadi manusia yang kuat. Sebab Dia ingin menaikkan derajat kita satu tingkat. Permasalahannya selalu saja kita sering mengambil hikmahnya diakhir.

Lihat pula cara Bapak dan Ibumu menyayangimu. Orang tuamu sendiri punya cara yang berbeda dalam menyayangimu. Jika ibumu mendermakan seluruh hidupnya kepadamu dengan caranya sendiri, pun halnya Bapakmu juga punya cara yang lain lagi. Bapakmu cenderung tidak menampakkannya bukan berarti kasih sayang terhadapmu kurang. Namun apakah kamu tahu, jika setiap malam Bapakmu bangun untuk mendoakanmu? apakah kamu tahu jika setiap hari bapakkmu menyiksa dirinya sendiri ditempat kerjanya hanya agar kamu bisa makan dan tidak putus sekolah? Mungkin nanti jika orang tuamu sudah tidak ada lagi di dunia ini, baru kamu menyadari. Itulah persoalannya selalu saja kita sering telat mengambil hikmahnya. Dan itulah kenapa penyesalan tempatnya selalu diakhir episode!

Kepada pemimpin kita misalnya, kritikan-kritikan yang kita lontarkan kepadanya bukan berarti kita kurang hormat kepadanya. Justeru dengan kritikan itulah wujud kasih sayang kita kepadanya. Agar Ia dapat menjalankan amanahnya dengan baik sesuai dengan tujuan dan cita-cita kita bersama. Malahan pembiaran-pembiaran dan sikap apatis kita terhadap kelakuan pemimpin hal mana yang paling disukai syetan, jelas sekali agar bangsa kita hancur. Maka kepada para pemimpin terimalah segala kasih sayang kami terhadapmu. Bedakan antara kritikan dan hinaan wahai pemimpin. Dan saya melalui tulisan ini juga mengkritik budaya yang “tidak mau mengkritik!” dan “tidak mau dikritik!”

Juga kepada para pengemis dijalanan. Sebagai wujud kasih sayang saya kepada mereka, lebih sering saya tidak memberinya uang. Apalagi kepada para pengemis yang masih kuat fisiknya. Terlebih lagi kepada pengemis yang masih anak-anak. Kenapa? Kalau kamu memanjakan dengan memberinya uang setiap kali mereka meminta-minta sama halnya kamu membunuh sodaramu (pengemis itu) secara perlahan-lahan. Lha kok bisa? Karena kamu menghalangi mereka menggali kekuatannya. Membiarkan mereka hidup dalam zona nyamannya. Pahamilah tidak ada orang sukses yang hidupnya leha-leha & enak-enakan. Pahamilah tidak ada seorang nabi-pun yang tidak diberikan cobaan mahadahsyat oleh Allah. Jika saya terus saja iba terhadap mereka hal itu samasekali tidak memberikan suatu kebaikan. Lambat laun kita akan menjadi bangsa yang lemah.  Sebab manusia itu punya kekuataan yang hanya muncul jika diberikan kesulitan demi kesulitan. Lain ceritanya jika mereka mengamen. Pengamen itu bukan pengemis. Paling tidak mereka sudah berusaha mengeluarkan kreativitas dalam diri mereka. Berilah penghargaan selayaknya kepada mereka.

Ada lagi sebuah cerita yang sangat menyayat hati saya; dua orang anak palestina yang ketika itu negara mereka sedang dibombardir Israel sehingga mengakibatkan hilanglah nyawa orang tua mereka. Anak sekecil itu bekerja untuk menghidupi dirinya sendiri. Mereka berjualan es. Dan saat itu ada wartawan asal Indonesia yang Iba melihat mereka berdua lalu diberikannya uang kepada mereka. Tapi lihatlah jawaban anak itu “ Tuan, maaf kami bukan pengemis. Kami tidak bisa menerima uang tuan. Namun jika tuan mau membeli es kami dengan senang hati akan kami terima uang itu”

Sahabat, kasih sayang itu tidaklah selalu nampak. Bukan berarti dunia yang kelihatannya keras sekali terhadapmu tidak sayang terhadapmu dan bukan berarti mereka yang tidak selalu memberi pintamu tidak sayang terhadapmu. Bukan! justeru itulah wujud kasih sayang yang paling besar! Apapun keadaanmu sekarang, seberat apapun hidupmu saat ini. Bangkitlah!

Kasih sayang tidak harus selalu hadir dengan cinta. Karena cinta cenderung membutakan. Terakhir, renungi pertanyaan ini “apakah jika saya menyayangimu, kamu perlu tahu?”

2 comments
  1. subhanallah sekali mas,,benar sekali apa yg udh dituliskan mas, kasih sayang tidak harus selalu hadir dengan cinta.
    kasih sayang utk smua orang yang ada disekitar kita, utk diri kita sendiri utk bntuk perwujudan rasa syukur kita terhadap Allah yang telah menciptakan kita🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: