Sirah Nabawiyyah; Muhammad Kecil Tak Kenal Bapaknya


Menceritakan kehidupan sang Nabi mulai dari awal kelahirannya sampai wafatnya adalah suatu kebahagiaan tersendiri bagi penulis. Walaupun lorong waktu amat panjang membentang dan memisahkan dua manusia berlainan generasi ini. Adalah antara seorang pengagum, pengikut, murid yaitu penulis sendiri dengan sang mahaguru, teladan dan pemimpin besar umat Islam yaitu Muhammad. Akan tetapi dengan mengetahui seluk beluk kehidupan beliau, dengan cara menuliskan kisah hidupnya seoalah-olah membuat beliau hidup didalam pikiran penulis. Meski kami tidak pernah bertemu, namun seolah-olah, ya, seolah-olah, didalam imaginasi penulis Muhammad hidup. Inilah kebahagian yang penulis maksud. Betapa tidak bahagia bisa bertemu Muhammad (walau cuma didalam imaginasi).

Alasan inilah yang memotivasi penulis untuk berusaha merekam jejak sang nabi. Penulis akan berusaha menuliskan kehidupan sang teladan saat masih hidup sampai akhir hayatnya, insya allah.

Diceritakan abdullah putra abdl muthalib yang sudah cukup usia pergi melamar aminah binti wahb binti abdl manaf binti zuhra, seorang keturunan pemimpin suku zuhra. Pada saat pergi melamar aminah, sebagian sumber mengatakan mereka berdua langsung menemui ayah aminah, namun sebagian mengatakan menemui paman aminah. Sebab saat itu ayahandanya telah meninggal sedang aminah berada dibawah asuhan pamannya.

Pada hari perkawinan abdullah dan aminah, abdl muthalib juga kawin dengan hala puteri paman aminah. Dari hasil perkawinannya lahirlah hamzah; paman nabi yang juga seusia dengan beliau.

Sesuai kebiasan bangsa arab apabila perkawinan dilaksanakan dirumah pengantin puteri maka selama 3 hari mereka tinggal di kediaman pengantin puteri, baru kemudian mereka pindah bersama-sama ke rumah abdl muthalib. Tak lama kemudian abdullah pergi meninggalkan isterinya yang dalam keadaan hamil sebab ada misi perdangan ke syuria. Selama perjalanan itu abdullah singgah beberapa bulan ke madinah untuk sekadar istirahat dan juga menemui saudara-saudara ibunya disana. Namun dalam masa itu, abdullah jatuh sakit. Oleh khalifah lain yang bersama-samanya, abdullah ditinggal sementara mereka pulang ke makkah lalu menyampaikan kabar jatuh sakitnya abdullah kepada abdl muthalib selama mereka sampai ke makkah.

Tidak berapa lama kemudian abdl muthalib memerintahkan Harith putra sulungnya yang juga kakak abdullah untuk pergi menjemput abdullah di madinah. Namun sesampainya disana perasaan duka justeru menyelimutinya, sebab diketahui bahwa abdullah telah dipanggil Allah yang hidup mati seseorang berada dalam kekuasaannya dan sudah dikuburkan pula. Kabar duka itupun akhirnya sampai juga ke abdl muthalib, begitu pilunya perasaan orang tua itu mendengar kabar meninggalnya putra kesangannya. Hal itu digambarkan bagaimana penebusannya kepada berhala tiada pernah dilakukan bangsa arab sebelumnya. Demikian juga aminah, hatinya merasa amat sedih ditinggalkan suami yang amat dicintainya.

Sesudah peristiwa itu, beberapa saat kemudian aminah melahirkan seorang bayi. Kabar itu disampaikan ke abd muthalib, alangkah gembira hatinya. Kini pengganti anaknya, abdullah sudah ada. Diangkatlah bayi itu lalu dibawanya ke ka’bah dan diberi nama Muhammad.

Dikalangan orang arab nama Muhammad begitu asing. Orang Quraisy mempertanyakan kenapa dia tidak suka memakai nama nenek moyangnya. Mengenai hal ini abdl muthalib menjawab “kuinginkan anak ini menjadi orang terpuji, bagi Tuhan dilangit dan bagi makhluknya di bumi”.

Muhammad, bayi mungil yang kelak setelah dewasa ditakdirkan menerima risalah dari Tuhan untuk menyebarkan kebenaran. Muhammad yang ditakdirkan sebagai anak yatim kelak akan menjadi pemimpin besar yang pernah hidup di dunia ini, yang ajarannya tidak pernah ditinggalkan sampai kiamat nanti. Sejak kecil alam telah mempersiapkannya untuk menjalankan tugas mahadahsyat dari Allah swt.

“Muhammad betapa aku ingin sekali bertemu dengan engkau dan bertanya banyak hal, banyak sekali wahai muhammad…”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: