Gaya Kepemimpinan Jokowi


imagesnama jokowi melambung di media setelah perseteruannya dengan Gubernur Jawa Tengah, Bapak Bibit waluyo. Kala itu, Pak jokowi masih menjabat sebagai walikota Solo untuk periode ke dua. Permasalahannya tidak sepele memang. Perbedaan pendapat antara ke dua pimpinan masyarakat jawa tengah itu lebih ke soal yang menyangkut hati nurani masyarakat. Ya, soal budaya!

Laksana semut lawan gajah, demikianlah seorang bawahan jika berani menentang atasan.

Rencana Bapak Bibit Waluyo untuk mendirikan Mall di eks pabrik es saripetuju di kawasan purwosari, solo, ditolak mentah-mentah oleh pak jokowi. Beliau beranggapan bahwa di lokasi tersebut terdapat bangunan-bangunan peninggalan belanda yang harus dilestarikan, karena merupakan cagar budaya.

Apa pula reaksi masyarakat? tentu saja sepihak dengan Jokowi. Hal itu terlihat dari demonstrasi warga solo atas pernyataan  Bapak Bibit Waluyo yang mengatakan bahwa “Jokowi adalah walikota bodoh karena berani menentang perintah atasan”.

Jokowi, Nama itu menjadi fenomenal sekarang. Apalagi setelah beliau dicalonkan menjadi Gubernur DKI dan berhasil terpilih menjadi orang nomor satu di DKI, namanya semakin mencuat dimedia dan semakin menjadi buah bibir masyarakat.

Gaya kepemimpinan Jokowi yang cenderung mendobrak birokrasi layak diacungi jempol. Bahkan saya berani katakan kalau Jokowi adalah pemimpin pertama di Indonesia setelah jaman ORBA yang berani menghancurkan tembok tebal penghalang antara rakyat dan pemimpinnya.

Jokowi, begitu dekat dengan rakyat. Ia bahkan tak tanggung-tanggung mendatangi masyarakat miskin di kampung kumuh di kawasan Jakarta. Jarang sekali ada pemimpin yang mau begitu, kalaupun ada itupun dilakukan hanya pada saat mereka kampanye. artinya punya maksud dan tujuan tertentu. Dan kebanyakan setelah mereka terpilih aktivitasnya selama kampanye tidak terlihat lagi. Beda dengan Jokowi, Ia patut dicontoh. Mau pada saat kampanye atau ketika terpilih, Ia tetap dekat dengan rakyat, melayani rakyat.

Ini merupaka angin segar, atas bobroknya sistem demokrasi di negara kita. Sebab demokrasi telah menjadi cita-cita pendiri bangsa ini. Bapak Proklamasi Bung Karno dan Bung Hatta.

Hal itu terlihat ketika Soekarno berpidato di depan sidang umum PBB pada tahun 60-an silam dan disambut dengan gegap gempita dan tepuk tangan meriah dari para pemimpin dunia lainnya.

Soekarno memperkenalkan “pancasila” atau disebutnya “five prinsiple, the ideology of Indonesian Nation”.

1. Believe in God

2. Nationality

3. Humanity

4. Democracy

5. Social Justice

Cita-cita besar Bung Karno yang mendirikan negara Indonesia menganut sistem demokrasi haruslah kita wujudkan dan jaga selama-lamanya. Solusi untuk permasalahan yang kerap kali timbul selama demokrasi berlangsung bukanlah dari sistemnya, Namun yang harus diubah adalah gaya kepemimpinan para pemimpin bangsa ini.

Hilangkan batas dengan rakyat. Ajak rakyat berdialog. Ajak rakyat maju. Karena hakikat demokrasi adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. dalam hal ini jelas yang dimaksud adalah rakyat indonesia. Dan akhirnya, model kepemimpinan yang pas untuk demokrasi kita adalah seperti yang dilakukan Pak Jokowi!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: