Jadilah penggembala sukses


aku takjub, sebuah maha karya sempurna!

ialah manusia itu sendiri. Diciptakan dalam balutan kasih sayang sang pencipta, dari bahan tanah. kemudian dibentuk sedemikian rupa. Dia taruh nur ke dalam dadanya. Dia tiupkan cinta, lalu menjadikan ilmu pengetahuan sebagai minumannya. Hiduplah seorang anak manusia. Dengan nur manusia bisa menerangi dunia. dengan cinta manusia punyai kekuatan luar biasa. dengan ilmu manusia bisa meraih apa saja. Namun, nampaknya belum cukup. sehingga Tuhan perlu kiranya menambahkan api. Dengan api itu berarti manusia memiliki hawa nafsu!

Ibarat pohon berduri. Nafsu dibiarkan hidup. Apabila ia dipelihara, menjadi besar, semakin besar justeru duri-durinya akan menusuk diri manusia sendiri dari dalam. nafsu itu pedang. bisa melukai tuannya sendiri, kalau tidak dikendalikan.

Manusia laksana kereta yang ditarik oleh kuda liar, sedang kuda liarnya adalah hawa nafsunya. kadang aku bertanya-tanya, kenapa Tuhan harus memberi manusia hawa nafsu? kenapa harus manusia?

apakah hanya untuk menguji kesetiaan kepada-Nya? siapa sanggup mengendalikan nafsu, menunggangi kereta ini hingga ujung waktu ia akan selamat. barang siapa gagal, ia celaka. sementara itu, jawabanku. kudapat dari memahami setiap peristiwa, setiap kejadian.

itu berarti dari semua ciptaan Tuhan, makhluk yang paling bisa merasa bahagia cuma manusia? oleh karena ia bisa merasa? kalau begitu, makhluk yang paling menderita juga manusia? oleh karena gagal menggembalakan dirinya?

nafsu menyebabkan hati manusia seperti pasang surut air laut. bahkan bisa seperti layang-layang yang putus benangnya. ikut saja kemana angin menuju. tak punya teguh pendirian. mengesampingkan akal, kalau nafsu telah diangkat menjadi raja.

celakalah manusia. celakalah mereka kalau hanya menuruti nafsu dirinya. bahagialah mereka, benar-benar bahagia jika berhasil mengendalikannya!

yah, manusia itu memang terselimuti kabut. sebab manusia diberi pikir. disamping juga ada nafsu yang sering mempengaruhi pikir. ketika nur tak lagi berpijar dalam dadanya, manusia hanya seonggok dading. bernyawa tapi tak berjiwa.

manusia tidak seperti malaikat, juga tidak seperti iblis. malaikat seutuhnya adalah nur. sementara iblis seutuhnya adalah api. sedangkan manusia adalah seutuh-utuhnya penciptaan. Ia kolaborasi keduanya; antara iblis dan malaikat!

siapa pemenang antara nur dan api, manusia yang menentukan. ketika peringatan telah datang dikumandangkan, sepenuhnya manusia yang memilih. yah, itulah uniknya manusia. Ia bisa melebihi malaikat. Ia juga bisa melebihi iblis. semua tergantung dari usahanya menggembalakan nafsu!

1 comment
  1. Amedar said:

    Hi, i think that i saw you visited my blog so i came to “return the favor”.I am trying to find things to improve my website!I suppose its ok to use some of your ideas!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: