Salam Keberagaman


images

Salam keberagaman!

Selamat pagi bloggers, interneters, atau siapa saja pengunjung blog ini, selamat pagi semuanya. Kudoakan pagimu penuh semangat, bertenaga, kaya inspirasi, juga kaya rejeki. Amin. Sobat, kayaknya aku baru suka menggunakan sapaan “salam keberagaman”  sebagai bahasa pemersatu diantara kita.  Dua kata itu singkat tapi penuh makna. Aku dapatkan ketika lagi ngebolang di facbook. Kini aku adaptasi buat menyapa kalian semua. Menurutku “salam keberagaman” itu adalah dua untaian kata indah, buah daripada perenungan terkhusuk seorang anak manusia. Yah, beragam. Itulah kita. Dan kita adalah beragam.

Di negeri ini ada banyak sekali suku, ras, golongan, semua berbeda satu sama lain, budaya bermacam-macam, bahasa pun beraneka ragam, ada bahasa jawa, sunda, aceh, madura, kalimantan, papua, sesuai daerah masing-masing. Marilah kita tengok, dinegeri lain nun jauh disana. Betapa sedikit saja perpedaan bisa menyulut peperangan. Banyak lah contohnya, sobat bisa mencari informasinya sendiri di internet. Tapi di negeri yang membentang dari sabang sampai merauke ini, hal semacam itu tidak terjadi. Hebatnya lagi, yah kita ini adalah bangsa hebat! Sebab dengan segala perbedaan itu kita bisa hidup berdampingan, damai, bergotongroyong, bahu membahu membangun sebuah bangsa, dan mendiami suatu tempat bersama-sama sebagai penduduk negeri indah bernama Indonesia. Disini hati kita bercampur,tak peduli apa corak kulit kita, bagaimana bentuk hidung kita, seberapa tinggi-pendek badan kita. Disini kita semua satu!

TAPI, SAYANG SEKALI,  ITU DULU.

Dulu sekali, , , , ,

Sekarang ini Agaknya sebagai bangsa kita telah lupa betapa besar kita dengan berbagai perbedaan ini. Harusnya perbedaan itu adalah kekuatan. Bukan sumber kehancuran. Harusnya dengan perbedaan itu syukur kita kepada ilahi semakin bertambah, bukan dijadikan pemecah belah. Harusnya dengan perbedaan kita tampil dimuka sebagai negeri kaya budaya, bukan menjadi ladang adu domba.

#Permusuhan antar umat beragama, saling caci maki, hina menghina, selalu mencuat kemuka. Apa kita lupa, kita ini Indonesia?

#Fanatisme suku semakin besar menakala ada sekidit salah paham dengan suku lain, sehingga bunuh-membunuh tak bisa dielakkan. Bukankah duduk bersama, bermusyawarah meneyelaikan masalah lebih baik? Apa kita lupa, kita ini Indonesia?

# Apa kita lupa? Kita ini bangsa yang lahir dari rahim perbedaan sobat. . . . .

Maka melalui pekikkan salam keberagaman aku berharap, hati kita tersadar. Bahwasanya meski aku dan kamu berbeda, tapi kita adalah satu. Ingat itu!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: