Lima ribu rupiah untuk hidup sebulan? Bisa !


images

Jika dipikir tidak mungkin kan kita bisa bertahan hidup dalam jangka waktu 1 bulan hanya dengan uang 5 ribu rupiah? Bagi aku sendiri sepertinya itu mustahil. Sangat tidak mungkin. Untuk kebutuhan makan saja di semarang paling tidak sekali makan menghabiskan 7-8 ribu rupiah. Belum lagi kebutuhan lainnya. Tapi bagi kawanku yang bernama teguh pambudi itu mungkin. Dia adalah kawan seangkatanku sekaligus presiden mahasiswa FK Unissula periode 2012.

Apa yang disampaikannya dalam acara forum silaturohmi angkatan waktu itu adalah lelucon cerdas. Dalam acara yang mengusung tema tentang silaturohmi itu, Ia pun berbicara dengan pesan sangat tepat. Cukup banyak yang ia sampaikan, namun hanya satu kalimat itu yang sampai sekarang masih terngiang dibenakku, hingga menggelitik hatiku untuk menuliskan kisahnya disini.

Ia bilang “hanya dengan uang 5 ribu rupiah saya bisa hidup sebulan. Bayangkan hanya dengan 5 ribu rupiah”

Sejenak aku pun dibuatnya terheran-heran, barangkali seluruh hadirin juga demikian. Kemudian ia melanjutkan ceritanya kurang lebih seperti ini. Dahulu saat Ia benar-benar tidak punya uang, dikantong cuma tinggal 5 ribu rupiah saja. Mau minta orang tua juga mungkin saat itu lagi kesulitan keuangan. Tapi Ia berpikir begini, Ia hanya tidak punya uang. Yap, sekali lagi aku bilang ia hanya tidak punya uang. Akan tetapi Ia bukan tidak punya teman. Karena Ia masih punya banyak teman.

Solusinya, ternyata kalau mau makan bukan mutlak uang yang kita perlukan. Ia telah membuktikan. Yah, teman. Itulah rahasianya kenapa hanya dengan uang 5 ribu rupiah saja Ia bisa bertahan sampai sebulan. Setiap makan, ada saja teman yang mentraktir. Suatu rejeki dari Allah swt yang harus kita semua renungi.

Bayangkan kalau saat itu ia juga tidak punya teman, lalu darimana Ia bisa makan? Apakah hanya dengan berdoa saja kepada Allah swt makanan itu akan datang sendiri dari langit? Tidak! Sebab Allah suka memberi melalui tangan-tangan manusia lainnya. Artinya disini ialah, ia menyampaikan pesan agar seluruh mahasiswa yang datang pada hari itu untuk tetap menjalin silaturohmi. Dengan bersilaturohim kesulitan apapun insya allah bisa kita atasi.

Yah, itu juga sesuai dengan firman Allah dalam Al-Qur’an, supaya rejeki kita lancar maka salah satu kuncinya adalah menjalin tali silaturohim dengan siapapun. Maka mari kita perbanyak teman, siapa tahu adayang dapat teman gemar mentraktir kan lumayan juga tuh, hehe😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: