Karakter Bekel


images (2)

Sobat, Masih ingatkah kalian dengan yang namanya“bekel” ? yaitu bola kecil terbuat dari bahan karet yang bisa memantul-mantul ketika membentur benda keras sekitarnya. Jaman kita kecil dulu, anak perempuan identik dengan permainan satu ini, yak “bekelan”, nama permainannya disesuaikan dengan benda yang dipakai. Sebetulnya “bekelan” adalah permainan kecepatan tangan, mulanya bekel dilempar keatas tapi tidak boleh tinggi-tinggi, kemudian tangan satunya lagi dengan sigap harus bisa membalik posisi cangkang kerang sebanyak 5 buah sebelum bekel itu turun ke lantai. Tangan siapa lambat daripada bekel maka ia kalah. Namun disini aku tidak akan membahasa soal permainan itu. Aku cuma ingin berbagi tentang si bekel itu sendiri.

Bekel, sebuah bola kecil yang sekilas tidak ada istimewanya. Harganya pun sangat murah. Bentuknya tidak menarik. Tetapi uniknya,  jikalau engkau lemparkan ke dinding, Ia akan memantul dengan kekuatan yang lebih keras ke arahmu. Nah, hebatkan? Meski ukurannya kecil Ia tidak takut mengancam siapa pun si yang melemparkannya.Ternyata dibalik kesederhaan si bekel ia punya kekuatan begitu besar loh. Semakin kuat engkau melemparnya, semakin kuat pula ia akan berbalik arah. Seolah-olah ia tidak merasa sakit sama sekali dilemparkan berkali-kali. Ia selalu bisa bangkit, dengan semangat dan kekuatan baru yang lebih besar.Bekel itu tidak sama dengan permen karet. Coba lempar permen karet, ia pasti akan menempel di dinding buat selama-lamanya.

Sampai disini mungkin sobat sudah tahu, ke arah manakah pembahasan kita kali ini. yah si bekel itu mirip sekali dengan manusia-manusia hebat. Sedangkan permen karet itu lebih mirip manusia rata-rata.

Ada saatnya dalam perjalan hidup orang-orang besar yang pernah terlahir ke dunia, mereka mengalami suatu fase disakiti, dicemooh, dihina, dikritik tajam, dan kerasnya kehidupan pernah melemparnya jauh ke tepi jalan.Tapi orang-orang hebat itu memiliki karakter seperti bekel. mereka selalu menantang congaknya dunia. Mereka tidak takut kecewa. Mereka terus melangkah, walau maksimum makian mereka dapatkan dari orang-orang sekitar. Mereka terus bergerak menuju ke depan. Tidak peduli omongan orang. Mereka selalu menggunakan hinaan sebagai kekuatan. Mereka tidak takut berbuat kesalahan. Barangkali kegagalan yang ditemui, mereka selalu bisa bangkit lagi dengan semangat lebih tinggi.

Sobat, janganlah kita selalu mengharap pujian. Tidak ada orang sukses di dunia ini selalu mulus dalam perjalan karir hidupnya. Seringnya penolakan, harusnya membuat kita semakin kuat dihadapan kecewa. Ingatlah ketika Rasulullah berdakwah di bumi makkah dan madinah, betapa Ia tersakiti, ditolak mentah-mentah, dihina, dicap sebagai orang gila, bahkan ancaman pembunuhan dari oran-orang kafir kerap beliau dapatkan namun itu tak pernah membuatnya gentar. Beliau selalu kuat, hingga akhirnya Ia membawa kemenangan bagi kita semua. Dan sampai kiamat tiba, namanya akan tetap diagung-agungkan umat manusia, perilakunya akan dijadikan teladan sepanjang masa. Itu saja seorang rasul, lalu apalagi kita?

Rasulullah Muhammad, beliau mencontohkan kepada kita semua untuk menjadi sebuah bekel. 

Ada juga pepatah jawa mengatakan “urip mulyo wiwitane saka rekoso”. Itu memang benar. Hidup enak itu harus diawali dengan sakit dahulu. Setiap pahit getirnya kehidupan rasakanlah itu sebagai sebuah area pendidikan.

Aku akui, saat ini aku pun masih seperti permen karet  tapi terus mencoba untuk berubah menjadi bekel. Maka mari sobat, mari kita terus bermetamorfosa untuk menjadi bekel. Kita jangan cuma seperti permen karet, supaya sukses di depan (insya allah) kita dapatkan. Amiiin

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Caveat Automattor

you have been warned

The Typekit Blog

News about Typekit

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

Get 2 See

Follow along as we see the sights, eat the noms, and have the funs!

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Trying to get a hole-in-one

MacManX.com

Stuff from James Huff

Lens Cap

Casual glimpes into mundane suburbia

Learning by Shipping

products, development, management...

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

non-compliant neurodivergent

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita…

corat.. coret.. curhat..

%d blogger menyukai ini: