Arsip

Daily Archives: Januari 24, 2012


Sedekah merupakan suatu perbuatan mulia; apalagi dilakukan dengan tulus. Akan  semakin baik lagi jikalau dikerjakan dengan sirri atau diam-diam. Sebagaimana ungkapan Rasulullah SAW apabila tangan kanan memberi (bersedekah) usahakanlah tangan kiri tidak mengetahuinya. Akan tetapi Allah juga membolehkan bersedekah secara terang-terangan (QS 2:274, 13:22, 14:31, 16:75, 35:29). Sebab sedekah terang-terangan dapat juga digunakan sebagai syiar agama. Semua tergantung dari niat kita masing-masing. Diam-diam ataukah terang-terangan, akan sama baiknya jika dilakukan dengan niat ikhlas.

Sementara ikhlas adalah satu kata yang mudah sekali diomongkan tetapi tidak mudah dipraktekkan. Sebagai contoh : andaikata saya meminta pembaca untuk memberi definisi “ikhlas” menurut pendangan masing-masing tentu tidak sesulit ketika diminta melakukannya. Demikian saya juga merasakan hal serupa.

perbuatan ikhlas itu seperti seorang yang sedang buang hajat. Tatkala masuk kamar mandi; kita tutup rapat-rapat pintunya supaya tidak ada orang melihatnya. Kemudian kita buka kran airnya biar tidak ada orang mendengarkan suaranya. Lalu kita siram air sampai bersih agar diri kita sendiri dan orang lain tidak lagi mencium baunya. Demikian itu merupakan contoh gambaran perbuatan ikhlas. Read More


oleh : Prie Gs

Sudah lama pendidikan budi pekerti dilenyapkan dari sekolah, sudah tak terhitung berapa banyak pihak yang meratapi kehilangan ini, tetapi sekolah kita tetap pada pendiriannya. Mata pelajaran itu tak layak ada. Ini artinya, di mata sekolah, pelajaran itu remeh adanya. Kini, secara sosial, Indonesia harus menghadapi realitas yang amat mencengangkan: krisis budi pekerti yang dari ke hari grafiknya terus meninggi.

Kolom ini ditulis bersamaan dengan kematian dua orang remaja (dan kematian remaja lainnya yang luput dari media) hanya gara-gara mempertahankan handphone-nya. Akibatnya: para perayah handphone itu langsung mencabut celurit dan memburai usus korbannya. Belum cukup, datang lagi temannya, ikut mencincang tubuh itu sebagai pesta solidaritas bersama, dan setelah itu ia mandi dan tidur sangat nyenyak. Ia baru bangun setelah polisi mencokoknya. Sambil digelandang pun anak itu masih belum penuh kesadarannya. Hampir selalu, seluruh cerita berdarah semacam ini ditutup dengan satu tersangka utama: alkohol.

Benar, anak-anak itu memang menggila karena pengaruh alkohol. Tetapi alkokol itu hanya sebuah titik dari sederet panjang garis yang tidak sederhana, yang panjang prosesnya, dan bertali-temali variabelnya. Saya bayangkan, anak-anak yang diasuh alkohol itu adalah anak-anak yang nyaris tanpa asuhan sama sekali di manapun dia berada.

Read More


“Berdiskusi dengan sikap yang tenang adalah suatu hal, bisa merealisasikan apa yang dipikirkan merupakan hal yang lain.” Roland, sastrawan Prancis

Seorang pria telah di-PHK oleh perusahaannya. Perasaan hatinya selalu murung dan suram. Setiap hari mengeluh memiliki kepandaian tapi tak ada kesempatan untuk memanfaatkannya.

Mengetahui hal ini, istrinya merasa iba dan selalu memberikan dorongan semangat agar dia mau mencari pekerjaan yang baru. Tetapi pria tersebut selalu menolak, dia mengatakan bahwa dirinya masih belum siap menghadapi masalah.

Suatu hari pria tersebut sedang melamun di rumah, mengetahui hal ini istrinya menyodorkan dua potong kemeja yang kotor terkena noda. Istrinya meminta tolong membantu membersihkan noda pada dua potong pakaian itu.

Sang istri berkata, “Dua kemeja tersebut terkena noda kecap, tolong bantu saya untuk membersihkan.”Kemudian pria itu membasahi dua kemeja tersebut lalu mengoleskan sabun cuci, menggunakan sikat untuk membersihkannya. Anehnya, baju yang satu hanya dengan perlahan disikat beberapa kali, noda kecapnya sudah hilang tidak terlihat lagi. Sedangkan baju yang satunya lagi, tidak peduli segiat apa Anda menyikatnya, noda di atas baju tersebut tetap tak bisa dibersihkan.

Read More


berikut ini sebuah cerita dari buku “Love in Silence“:

Mamaku hanya punya 1 mata, aku membencinya… Dia memalukan bagiku.

Dia memasak di SMP tempat aku sekolah untuk biaya hidup kami. Pada suatu hari, dia datang ke kelas dan menyapaku. Aku sangat malu, mengacuhkannya dan berlari pergi.

Keesokan harinya, teman-teman mengejekku. Ingin rasanya aku menghilang. Saat pulang, aku berteriak kepadanya, ”Kalau ingin membuatku jadi bahan tertawaan dan ejekan, kenapa tidak mati saja?!” Aku benar-benar marah saat itu!

Aku bertekad keluar dari rumah dan tidak berhubungan lagi dengan mama. Akhirnya aku mendapat beasiswa belajar di Singapura. Aku menikah, punya anak, dan hidup bahagia.

Sampai suatu hari, mama datang ke Singapura untuk menjenguk aku. Saat di depan pintu, anak-anakku melihatnya dan ketakutan. Saat itu juga aku berteriak, ”Beraninya kamu datang ke rumahku, pergi saja jika kamu hanya menakuti anak-anakku!”

Dia terkejut dan menjawab, ” Maaf, mungkin saya salah alamat.”

Setahun kemudian, datanglah undangan reuni SMP dan aku hadir di acara itu. Aku sempat melihat satu rumah di mana aku tinggal pada waktu dulu. Kata seorang tetangga, mamaku sudah meninggal dan menitipkan sebuah surat ke aku.

Isinya adalah :

Anakku tercinta aku memikirkanmu setiap saat. Maafkan mama waktu mama ke Singapura dan menakut-nakuti anak-anakmu. Maafkan mama jika membuat kamu malu di hadapan teman–temanmu dulu. Semoga kamu mengerti bahwa pada waktu kamu masih kecil, kamu mengalami kecelakaan dan kehilangan 1 mata, tapi mama tak sanggup melihat anak mama tumbuh dengan satu mata saja, jadi mama berikan satu mata untukmu. Aku bahagia karena anakku (kamu) akan memperlihatkan seluruh dunia untukku, dengan mata itu.

With love,

Mama”

SkyLovers

Sebuah tulisan, sebuah cerita...

clotildajamcracker

The wacky stories of a crazy lady.

tekArtist

Warning: Widespread Weirdness

Paolo Belcastro

a.k.a. @p3ob7o

Gary Takes Photos

Sometimes they're good.

get 2 see

we see things — from time to time

JJJ

BuddyPress, bbPress, BackPress, WordPress

Nick Momrik

Asparagus is gross

MacManX.com

Stuff from James Huff

Learning by Shipping

products, development, management...

Koke's Journal

Mobile Engineer @ Automattic, making WooCommerce for iOS

Matt Miklic

Designer, and other useful things.

alternatekev

blog://alternatekev.me

Ryan Boren

#ActuallyAutistic retired technologist turned wannabe-sociologist

Secantik Bunga Peradaban Ilmu

manfaat, , dari dunia sampai akhirat

Sharikha Dalam Cerita

corat.. coret.. curhat..

Foolish Traveler

Start to Lost

real ultimate waffe (.net)

FACT: mdawaffes are mammals